Oven dan Microwave Hampir Serupa Tapi Tak Sama

Oven dan Microwave Hampir Serupa Tapi Tak Sama

Sekilas oven dan microwave bisa saja akan membingungkan, wajar karena keduanya memiliki fungsi yang serupa tapi tak sama. Namun jika Anda terbiasa memasak di dapur, maka kedua alat ini akan terlihat memiliki fungsi spesifik yang berbeda.

Oven adalah alat yang digunakan untuk memanaskan, memanggang, dan mengeringkan. Oven pun juga memiliki beragam jenis seiring perkembangan zaman, mulai dari oven konvensional, oven listrik, hingga oven microwave yang memiliki fungsi ganda sekaligus.

Namun sebelum memutuskan membeli oven, penting diketahui fungsi oven yang paling mendasar itu sendiri. Dengan demikian akan memaksimalkan penggunaan Anda sehari-hari. Selain itu memilih jenis yang tepat sesuai dengan kantong adalah hal yang bijak.

Berikut merdeka merangkum selengkapnya fungsi oven beserta ragam jenisnya yang perlu diketahui:

Fungsi Oven
Fungsi oven untuk memanggang dan memanaskan dengan suhu tinggi yang bisa diatur. Makanan yang biasanya dimasak dengan cara ini meliputi daging, casserole, dan makanan yang dipanggang seperti roti, kue, dan makanan penutup lainnya. Di zaman modern, fungsi oven digunakan untuk memasak dan memanaskan makanan di banyak rumah tangga di seluruh dunia.

Jenis Oven
Oven Kompor

Oven kompor, seperti namanya menggunakan panas dari api kompor. Oven ini terdiri dari tabung oven itu sendiri yang dipasang di atas kompor. Oven ini cukup terjangkau untuk dimiliki skala rumah tangga. Namun kekurangan dari oven ini adalah Anda tidak bisa menyesuaikan suhu yang Anda inginkan.

Oven Konvesional

Oven konvensional bekerja dengan elemen listrik untuk memasak atau dengan pembakar gas. Dalam jenis oven ini, panas memancar dan mendorong udara dingin ke bawah yang dapat menyebabkan proses memasak atau pemanggangan yang tidak merata. Namun, jenis oven ini sangat umum dan biasanya terpasang di dapur atau merupakan bagian dari rangkaian dapur.

Oven Listrik
Oven listrik seperti namanya menggunakan sumber panas dari listrik. Oven ini dinilai lebih efisien dari oven kompor sebab suhunya bisa disesuaikan, serta lebih praktis secara ukuran daripada oven konvensional.

Namun tentu saja kelebihan ini diikuti oleh harganya yang lebih tinggi daripada oven kompor.

Oven Konveksi

Oven konveksi memasak makanan dengan cara yang sedikit berbeda. Ada kipas angin di belakang yang memaksa sirkulasi udara ke seluruh oven, memasak makanan lebih merata. Ini juga menghasilkan pemanasan yang lebih cepat dan dikatakan mengonsumsi lebih sedikit daya. Waktu memasak akan berbeda dengan oven konvensional seperti yang dikutip dari laman cookingandme.

Oven Microwave

Ini adalah ‘oven’ yang mungkin ingin dimiliki sebagian besar dari Anda. Mereka paling populer digunakan untuk memanaskan dan mencairkan serta menggunakan gelombang radio untuk melakukan semua proses ini.

Ini adalah gabungan oven dan microwave sehingga Anda bisa menggunakan alat ini untuk kedua fungsi tersebut.

Oven Microwave dengan Konveksi

Ini adalah oven microwave yang memiliki opsi oven konveksi, yang berarti, ketika Anda memutar kenop, microwave Anda berubah menjadi oven normal (jenis konveksi) dan Anda dapat memanggang kue dan makanan lainnya. Beberapa oven ini juga dilengkapi dengan opsi memanggang dan Anda juga bisa memanfaatkan fitur itu.

Beda Oven dengan Microwave Biasa

Perbedaan mendasar dari microwave dan oven adalah fungsinya. Microwave berfungsi memanaskan makanan. Ini karena microwave hanya meningkatkan panas dari makanan. Biasanya microwave cukup digunakan dengan mengatur lamanya pemanasan. Microwave cocok digunakan untuk menghangatkan frozen food seperti daging, sayuran, atau lauk pauk.

Karena hanya berfungsi sebagai pemanas, microwave hanya bisa menghangatkan makanan. Makanan mentah yang dimasak dengan microwave akan lebih sulit matang dan memerlukan waktu yang lama untuk matang. Ini karena panas pada microwave dihasilkan dari makanan itu sendiri seperti yang dilansir dari Liputan6.

Berbeda dengan microwave, oven berfungsi untuk memanggang makanan dengan suhu tinggi. Saat menggunakan oven, Anda juga harus menentukan suhu dan waktu pemanggangan. Oven bisa digunakan untuk mematangkan bahan makanan mentah seperti adonan kue, daging, atau ikan.

Untuk mematangkan makanan, oven jauh lebih baik. Oven bisa membuat makanan matang merata dengan hasil panggangan sempurna dan cepat. Oven juga jadi pilihan tepat jika Anda ingin memanggang kue. Sifat memanaskan dari permukaan luar bisa membuat hasil kue lebih matang sempurna.